Sebenarnya ini adalah lanjutan dari posting kemarin ye.. kemarin tu udah gw posting aja. Habis klo digabungin kepanjangan jadinya. Takutnya isi blog ini malah keliatan seperti tulisan-tulisan lorem ipsum doank.

Kenapa gw suka dengan firefox? ini ada daftar hal-hal yang gw suka dari firefox. Kesan pertama sebagai pengguna awal, waktu firefox masih versi 1.5.

12 things I love about Firefox:

1. Penampakan
Firefox di UbuntuFirefox punya theme default yang bagus. Tampilan firefox selalu tampak menyatu dengan sistem operasi dimana dia berada. Bagi gw ini penting, karena ini akan memberikan pengalaman grafis yang lebih konsisten. Dalam Windows ataupun Mac ataupun Gnome, Firefox tidak terlihat seperti aplikasi asing. Style icon yang ada di Firefox bahkan menjadi inspirasi loh, untuk style icon di Tango Project.

Terimakasih kepada desainer yang telah merancang theme yang bagus untuk firefox.

2. Offline browsing
Offline Browsing Gw suka melakukan yang satu ini.. buka sebanyak mungkin halaman yang menarik.. baca kemudian disaat waktu luang, menghemat waktu online kamu. Trus browsing dari history di sidebar. Entah kenapa kalau di Internet Explorer (IE) kadang kalau offline browsing ada halaman yang nggak bisa dibuka lagi. Apalagi Opera.. tambah nggak bisa lagi.

3. Bookmark yang lebih baik
Bookmark Mmm Firefox punya bookmark manager yang menurut gw lebih intuitif pemakaiannya dibanding Opera dan IE.

Coba deh, mana yang lebih intuitif, jendela yang superkecil-ga-bisa-resize gaya IE atau dalam tab gaya Opera? Bookmark Manager di Firefox muncul dalam jendela tersendiri.

Bandigkan dengan favorites di IE dan bookmark di Opera:

FavoritesOpera

4. Tab
tabs Semua orang yang pernah browsing dengan tab pasti nggak akan berpaling lagi ke browsing gaya lama–Benar-benar terobosan UI yang bagus sekali–Yah ga semua sih. Masih ada aja orang yang mau beda sendiri. contohnya kayak gini nih.

pakai ie
atau malah lebih parah:

geblek..
(beneran loh gw liat di SIC)

5. Lebih responsif
Back-Forward Back, Forward, Back, Forward. Kalau di IE setiap kamu pencet back dan forward, maka 99% pasti halamannya akan di load lagi? Hello…? padahal halamannya juga belom berubah.
Firefox terasa lebih responsif karena dia menyimpan page history kamu di cache-nya. Jadi kamu bisa back-forward dalam sekejap.

6. No pop-up?
popup blocker Masih ingat gak jaman-jaman dulu ketika setiap orang merasa nggak keren klo situsnya ga pake pop-up. Selamat Datang! begitu katanya ketika kita menyambangi situsnya. Malahan kebanyakan isinya iklan-iklan gak penting. Atau lebih parah pop-up xxx yang bisa memenjarakan orang. Menyebalkan bukan? Firefox punya cara yang lebih elegan dalam menangani pop-up, lagi-lagi dibanding IE yang cerewet dalam pop-up: “Pop-up sudah kami blokir” “Pop-up sudah kami blokir” trus kenapa? Merasa hebat?

7. Download Manager
Download Manager Jaman jaman dulu kalo download pakai IE, pasti bakalan ada jendela “warning… file yang anda download mungkin berbahaya” Trus habis itu ada jendela jelek yang maunya muncul terus–dengan progress bar menunjukkan proses download yang entah kapan mau selesainya. Di firefox? semuanya dikumpulin di jendela imut ini: downloads!

8. Atur-atur semuanya..
Preferences Jendela pengaturan IE emang bener bener canggih abis. Ribettt! mana sih settingya. Advanced.. advanced.. yang mana? Kecil kecil.. ga bisa direzise lagi..

Bandingin dengan jendela imut ini. (imut-imut melulu)
Lebih rapih dan teratur…!

9. Cari
search Mau nyari sesuatu di search engine.. tinggal colok eh tinggal ketik di search box disebelah kanan atas. Opera juga punya fitur ini yah. Klo di IE harus nginstall google toolbar dulu kali ya, atau pake IE7.

10. Inline Search (Find in This Page)
find Ini nama fiturnya sebenarnya apa ya? lupa yang jelas kalo kamu mau mencari sesuatu kata didalam halaman web yang sedang diliat. Pencet Ctrl+F, plop, muncul toolbar search di bagian bawah jendela browser yang sama sekali ga mengganggu browsing kamu, dan hasil pencarian kamu akan di highlight.

Find di IE:

ribet..

11. Butuh bantuan?
help Firefox mempunyai Help System yang dirancang dengan UI yang bagus. Dokumentasinya juga lengkap. Tips dan cara penggunaan bisa diakses dari menu Help.

***

Yah memang kelebihan yang gw tulis diatas kebanyakan masalah usability. Tapi bukannya itu yang adalah merupakan masalah utama bagi user? Kalau kekurangan.. memang klo kamu liat di Task Manager, Firefox menggunakan memory yang lebih banyak daripada browser lain–Opera misalnya. Tapi kalo memory PC kamu cukup, toh hal itu tidak masalah dibanding kelebihan-kelebihan dan fitur Firefox yang ada.

*** Berikutnya:

12. Extension!
Ada banyak extension keren yang bisa kamu install.
Baca postingan berikutnya: Apa aja yang keren?


Rss Commenti

7 comments

  1. Numpang nimbrung nih Rif…
    Kekeke.. Anda ini benar-benar anti IE ya? Jangan ashobiyah dong.. IE7 sih emang keren tampilannya, tapi kebanyakannya ga penting2 amat. Eh, coba pasang addons sing arane Download Status Manager, kmu suka yg kecil2 imut kan? :D

    Soal tab dan popok-up, setuju abis lah!! Wahahaa… Itu beneran sampe berjuta2 windows begitu? Kerenan FF kali ya? Di hover, langsung muncul alamat lengkapnya..

    #1 pramur
  2. Ya gini klo pakar pertampilan sudah bicara… Weh.. weh.. weeeh..

    #2 Hanichi Kudou
  3. @pramur
    anti IE sebenarnya ga juga, masih dipake kok, contohnya untuk bikin screenshot diatas :p bayangin aja masa perusahaan segede gitu (Microsoft) bikin browser yang bagus aja gak bisa… kemana aja..? kebanyakan birokrasi sih…
    Soal berjuta-juta windows maksudnya apa ya mur? gak ngerti.. @:}

    @hanichi
    penampilan bukan pertampilan, dan url kamu juga salah wordpress bukan worpdress, jangan2 kamu hanichi palsu.
    /* loh kok malah mengkritik :p

    #3 artul
  4. Aseli Riff.. asli..

    Sebelumnya aku juga mau nulis itu, tapi yang kumaksud bukan itu, jadi ya akhirnya gitu.. *Ngomong apa sih aku :D ..*

    #4 Hanichi Kudou
  5. FF rules…… adblocker nya mantab.. :D

    ___________
    http://phreakaholic.wordpress.com

    #5 phreakaholic
  6. tanya dunk, beda fitur FF1 & FF2 kekurangan dan kelebihan masing2, soalnya gw koq lebih nyaman pakai FF1.07
    thx bro…

    #6 wnrso
  7. Shared Iteams has been one my favorite feuteras about reader and since they’ve added notes, I’ve been beside myself with joy over the reader and amazed people still use bloglines?They do need a better way to manage friends you can subscribe to a friend’s shared feed and it will show up in your reader and in whatever folder you put it in but in order to get that friend to be in the special friends area you have to add the person as a google chat friend kind of lame I’m sure they’ll fix it eventually.

    #7 Elizangela

Leave a Reply