Compiz

Compiz adalah window manager dan komposit manager untuk linux. Proyek Compiz dimulai tahun lalu oleh David Reveman dari Novell. Nama compiz sendiri diambil dari kata composite.

Window manager adalah program yang berperan dalam mengatur tampilan jendela aplikasi dan dialog. Sedangkan komposit manager berperan dalam menggabungkan image menjadi tampilan yang akhirnya muncul di desktop kita.

Compiz adalah gabungan dari window manager dan komposit manager yang bekerja menggunakan OpenGL untuk rendering. Compiz memanfaatkan akselerasi 3D dari kartu grafis kamu untuk menghasilkan efek-efek yang memukau, yang tidak ada pada window manager biasa.

Compiz dapat berjalan dengan baik pada kebanyakan kartu grafis dengan spesifikasi standar. Saat ini yang paling didukung adalah kartu grafis dari intel (karena adanya dukungan driver linux yang baik). Yup, itu lho kartu grafis untuk kebanyakan laptop.

Beberapa fitur dari Compiz:

• Desktop cube
• Wobbly windows
• Switcher with preview
• Scale windows
• Water effects
• Zoom desktop

cube2.pngcube1.pngscale.png

Kamu bisa melihat demo Compiz disini:
Compiz demo

Beryl

Beryl adalah window manager juga, merupakan pecahan dari Compiz. Beryl adalah hasil inisiatif dari sekelompok developer yang (dengan code dari compiz) mencoba mengembangkan versi mereka sendiri dengan lebih banyak efek dan plugin.

Fitur baru dalam Beryl diantaranya:

• Animation plugin: magic lamp, fire effects, etc
• Theme-able window decorator (Emerald)
• Blur and reflection
• Wall and Expo Plugin
• Input-enabled zoom
• Snow plugin

transparent-cube.pnggenie.png snow.pngwinpreview.pngblur.png

Demo: fire effects, snow plugin

Compiz VS Beryl

Dibalik layar, Compiz dan Beryl tidak selalu akur. Pemisahan Beryl sendiri berawal dari perkembangan Compiz yang lambat (karena statusnya sebagai projek pribadi). Komunitas menjadi tidak sabar, apalagi dengan keengganan David Reveman untuk menggabungkan code komunitas tersebut kedalam codebase compiz membuat para developer memutuskan untuk mebuat proyek tandingan: Beryl Project.

Dalam perkembangannya Beryl lebih populer dikalangan pengguna, karena tentu saja: lebih banyak efek dan plugin. Beryl memberikan kemudahan dalam instalasi dan setting, hal yang pada awalnya tidak didukung dengan baik oleh Compiz.

Namun setelah dirilisnya Beryl versi 0.2, developer Beryl bingung akan masa depan proyek itu. Mau diapakan? Sementara Compiz juga menyadari perlunya plugin-plugin dari Beryl. Kedua belah pihak sadar bahwa permusuhan hanya akan menguras lebih banyak energi. Akhirnya Quinnstorm (pemimpin Beryl-Project) pada suatu hari mengumumkan: Beryl dan Compiz akan melakukan merger… Weww.

Compiz Fusion?

Yup, Compiz Fusion adalah hasil merger dari Compiz dan Beryl. Akhirnya, mereka akur juga ya.. Hehe2 :) Fusion memiliki makna sejarah bahwa proyek baru ini adalah hasil gabungan Beryl dan Compiz.

Compiz Fusion hadir dengan ditandai beberapa fitur baru, diantaranya:

• Cube reflection
• Expo with reflection
• Scale Addon
• Enhanced Ring Plugin
• Firepaint

cube-reflection.pngcube-reflection2.pngexpo-reflection.pngfilmstrip.pngfirepaint.png

Kamu bisa lihat demo fitur baru ini:
Compiz Fusion demo

Instalasi Compiz Fusion

Bagi kamu yang menggunakan Ubuntu, Compiz Fusion sekarang sudah bisa diinstal dari repo yang disediakan oleh Trevino (thank you!). Instruksi bisa dilihat disini: instalasi compiz fusion.


Rss Commenti

7 comments

  1. Hmm.. kayak gitu tho ceritanya.. wah.. wah..

    #1 Hanichi Kudou
  2. saran saya, untuk gambar diatas sebaiknya di transfer ke file: JPG,GIF
    supaya mudah di akses di internet.
    makasih
    Ilham

    #2 ilham
  3. @ ilham:
    Makasih atas sarannya. Memang klo pake PNG ukuran filenya lebih besar. Ntar saya ganti deh.

    #3 artul
  4. lha tapi dimana download compiz nya itu pak ???

    saya pengen beli repo nya, tapi kesulitan nemuin tempat toko linux di semarang

    #4 ragil
  5. tau cara ganti gambar latar cube ga???

    btw om artikelnya sangat bermanfaat…
    Thanks…

    #5 chopper
  6. @ chopper
    Ada di setting (ccsm), coba lihat di pengaturan plugin ‘cube caps’

    #6 artul
  7. Beryl is pretty cool, I tried comipz for a while but seemed like they were just playing catch up. As far as this Quality code thing goes, comipz crashed 4 times in a single session, I have yet to see beryl cause my desktop to go unstable. So Quality Code mantra they seem to be preaching seems to be a bad case of sour grapes.

    #7 Arbind

Leave a Reply